Salah satu surat yang hampir dikenal seluruh umat muslim di dunia adalah Al Falaq. Kalau dilihat dari Al-Qur’an terjemahan, surat Al Falaq artinya waktu subuh atau fajar. Namun, jika merujuk dari beberapa tafsir dan kandungan ayatnya, arti Al Falaq bisa jauh lebih luas.

Pemahaman terkait arti dari nama-nama surat dalam Al-Qur’an ini sekilas terlihat tidak terlalu penting. Padahal, dengan mengetahui arti namanya, Anda bisa mengingat isi surat ini dengan mudah. Demikian juga dengan pengertian Al Falaq yang sangat mudah dihafalkan ini.  

Mengenal Surah Al Falaq

Mengenal Surah Al Falaq Secara Lebih Dalam
Mengenal Surah Al Falaq Secara Lebih Dalam

Surah Al-Falaq terdiri dari 5 ayat dan termasuk dalam golongan surat pendek pada juz 30. Surat ini menempati urutan ke 113 sebelum surah An Nas dan setelah surah Al Ikhlas. Sama dengan beberapa surat pendek lainnya, Al Falaq diturunkan di Kota Mekah.

Al Falaq termasuk salah satu surat yang memiliki keistimewaan dan disebut sebagai Al Mu’awwidzatain bersama An Nas. Mu’awwidzatain sendiri bermakna dua surat pelindung. Tidak heran kalau ayat pertamanya memiliki lafaz dan arti yang mirip.

Dalam penerapannya, surat ini juga sering digunakan sebagai ayat yang dibacakan saat melakukan rukiah. Hal ini tidak lepas dari makna ayat secara keseluruhan yang memerintahkan manusia untuk meminta perlindungan kepada Allah dari  berbagai macam kejahatan, termasuk kejahatan jin.

Bacaan Al Falaq & Terjemahannya

Bacaan & Terjemahan Indonesia dalam Surat Al Falaq Artinya
Bacaan & Terjemahan Indonesia dalam Surat Al Falaq Artinya

Sebagai salah satu surah yang ayatnya pendek, Al Falaq sangat mudah dihafalkan oleh kalangan anak-anak, orang dewasa, hingga orang tua. Sayangnya, tidak semua bisa membaca surah Al Falaq dengan makhraj yang benar. Berikut bacaan Al Falaq yang benar dalam Al-Qur’an:

قُلْ اَعُوْذُ بِرَبِّ الْفَلَقِۙ – ١

مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَۙ – ٢

وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ اِذَا وَقَبَۙ – ٣

وَمِن شَرِّ النَّفّٰثٰتِ فِى الْعُقَدِۙ – ٤

وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ اِذَا حَسَدَ ࣖ – ٥

Terjemahannya:

“Katakanlah, “Aku berlindung kepada Tuhan yang menguasai subuh (fajar) [1]. Dari kejahatan (makhluk yang) Dia ciptakan [2]. Dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita [3]. Dan dari kejahatan (perempuan-perempuan) penyihir yang meniup pada buhul-buhul (talinya) [4]. Dan dari kejahatan orang yang dengki apabila dia dengki. [5]””.

Surat Al Falaq Artinya

Nama Al Falaq diambil dari bunyi terakhir dari ayat pertama, yakni bilfalaq. Berdasarkan asal katanya dari bahasa Arab, Falaq berasal dari kata falaqo yang memiliki arti membelah. Sementara jika dihubungkan dengan kata Al, maka maknanya menjadi kata benda.

Beberapa Pendapat Soal Surat Al Falaq Artinya

Surat Al Falaq Artinya dari Berbagai Mufassir beserta Asbabun Nuzul dan Pembelajaran yang Terkandung di Dalamnya
Surat Al Falaq Artinya dari Berbagai Mufassir beserta Asbabun Nuzul dan Pembelajaran yang Terkandung di Dalamnya

Artinya adalah sesuatu yang muncul atau keluar dari tempat lainnya. Misalnya tumbuhan yang tumbuh dari tanah ataupun air yang memancar dari sumbernya.

Tetapi jika dikaitkan dengan isi surah keseluruhan, ulama sepakat bahwa Al Falaq dalam ayat ini bermakna Al-Isbah yang berarti subuh. Kalau dikaitkan dengan makna katanya yang berarti membelah, maka subuh dianggap sebagai waktu yang membelah malam dengan pagi.

Dari dasar kata dan istilahnya, secara keseluruhan surah Al Falaq artinya adalah waktu subuh. Berdasarkan makna inilah, beberapa imam shalat subuh sering membaca Al Falaq sebagai surat pendek untuk menyesuaikan waktu yang disebutkan dari surah ini.

Asbabun Nuzul dari Surah Al Falaq

Dibalik waktu subuh yang disebutkan dalam ayat ini, terdapat cerita pada zaman nabi yang menyebabkan ayat ini diturunkan sebagai surat perlindungan. Berdasarkan riwayat yang shahih, ayat ini diturunkan berkenaan dengan penyakit yang diderita nabi akibat penyihir.

Ketika dalam kondisi sakit inilah, Allah mengutus malaikat untuk menjenguknya. Melalui percakapan malaikat, nabi mengetahui bahwa dirinya terkena sihir dan buhul yang digunakan untuk menyihir disimpan di bawah sumur.

Setelah menemukan buhul tersebut, nabi membacakan surah Al Falaq yang diturunkan Allah. Lalu satu per satu ikatan buhul terlepas dan nabi sembuh atas izin Allah.

Pembelajaran dari Arti Surah Al Falaq

Pembelajaran yang dapat Kita Ambil dan Cermati dari Ayat Pertama Hingga Akhir
Pembelajaran yang dapat Kita Ambil dan Cermati dari Ayat Pertama Hingga Akhir

Walaupun tergolong sebagai salah satu surah pendek dalam Al Quran, namun Al Falaq memiliki banyak makna. Jika kita melihat dari beberapa tafsir Surah Al Falaq, maka kita bisa menarik beberapa kesimpulan. Berikut beberapa pembelajaran yang bisa kita ambil dan amalkan dalam kehidupan sehari hari dari surah ini:

1. Istimewanya Waktu Subuh

Penggunaan kata Al Falaq sebagai nama surah dan sifat Allah sebagai penguasa waktu subuh tentu memiliki keistimewaan. Salah satunya adalah sebagai wujud kekuasaan Allah yang bisa mengubah malam menjadi siang atau gelap menjadi terang.

Sementara waktu subuh inilah yang menjadi pembatas antara dua waktu tersebut. Allah yang menguasai waktu subuh ini tentu bisa melindungi makhluk-Nya dari berbagai kejahatan, jika hamba-Nya mau memohon pertolongan.

2. Tauhid Rububiyah

Allah mengajarkan tauhid kepada hamba-Nya agar senantiasa memohon hanya kepada Allah dan tidak meminta kepada yang lain. Allah juga mengingatkan kembali bahwa Dia berkuasa atas seluruh alam termasuk waktu subuh.

Dalam ayat pertama surah Al Falaq, disebutkan bahwa Allah Subhanahu Wata’ala merupakan Maha Penguasa Waktu Subuh. Dari firman tersebut, dapat kita simpulkan bahwa salah satu Tauhid Rububiyah, tercantum pada Ayat Quran tersebut.

3. Syariat

Dalam surah Al Falaq Allah memerintahkan hamba-Nya untuk memohon perlindungan kepada-Nya sebagai penguasa waktu subuh. Perintah Allah yang dijalankan termasuk dalam bentuk ibadah yang bernilai pahala apabila dikerjakan.

4. Akhlak

Dalam surat ini juga menjelaskan berbagai jenis kejahatan yang dimintakan perlindungan kepada Allah. Di antaranya adalah kejahatan waktu malam, tukang sihir, serta orang yang dengki.

Ini sekaligus menjadi pembelajaran kepada manusia bahwa sifat-sifat tersebut termasuk dalam bentuk kejahatan yang membawa keburukan.

Tak hanya dari Surah Al Falaq saja, sifat hasad telah Rasulullah Sallalahu Alaihi Wasallam sebutkan dalam haditsnya:

(اِياَّ كُْم وَالحَسَدَ فَاِ نَّ الْحَسَدَ يَاْ كُلُ الْحَسَنَا تِ كَمَا تَاْ كُلُ النَّارُالحَطَبَ (رواة ابوداود)

Artinya:  ”Jauhilah dari kalian (sifat) hasad, karena sesungguhnya (sifat) hasad itu (akan) memakan kebaikan-kebaikan (milik kalian) sebagaimana api melahap kayu bakar.” (Hadits Riwayat Abu Daud) 

5. Bentuk Sihir

Allah juga memberikan pengetahuan kepada hamba-Nya terkait dengan keberadaan ilmu sihir dan bentuknya. Dideskripsikan dalam ayat ini bahwa tukang sihir kebanyakan dari para wanita. Caranya dengan meniupkan tali atau buhul.

Al Falaq memiliki banyak sekali fadhilah bagi pembacanya. Diantara keutamaan tersebut ialah, dapat melindungi diri dari penyakit hasad (iri dengki), penyakit ‘Ain, dan masih banyak lagi. Untuk lebih lengkapnya bisa melihat pada artikel mengenai Keutamaan Surah Al Falaq berikut.

Kiranya, cukup sekian bahasan mengenai arti dan pembelajaran yang dapat kita ambil dari Surah Al Falaq dari Ayat-Quran.com. Mudah mudahan dengan mengetahui makna dan sering membaca Surah ini, dapat menambah iman kita. Allahumma Aamiin.

Setelah mengetahui bahwa surat Al Falaq artinya waktu subuh, hendaknya umat muslim juga berusaha untuk mengetahui makna di balik penggunaan kata Al-Falaq dalam surah ini. Dengan begitu, saat membacanya bisa disertai dengan penghayatan dan penerapan yang nyata dalam kehidupan. Wallahu A’lam Bisshowab.

About the Author

Hanan Afifi

Alumni pondok pesantren modern di Kabupaten Semarang dan salah satu penulis di Ayat-Quran.com.

View All Articles