Mengajarkan Al Qur’an kepada anak-anak sering dimulai dengan mengenalkan surat-surat pendek seperti surat An Nas. Surat ini berada di urutan terakhir Al Qur’an dan juz amma karena memang merupakan surat yang ke-114. Kira-kira apa ya pengertian surat An Nas itu?

Pengertian Surat An Nas

An Nas merupakan salah satu Surat istimewa dalam Al Qur’an. Surat ini sering disebut sebagai penutup Al-Qur’an dengan bannyak keutamaan. Terutama, jika dibaca berbarengan dengan surat Al Falaq dan Al Ikhlas.

Pengertian Surat An Nas Beserta Teks dan Manfaat Membacanya
Pengertian Surat An Nas Beserta Teks dan Manfaat Membacanya

Pengertian Surat An Nas Singkat

Kata an nas yang menjadi nama dari surat ini memang diambil dari kata an nas yang disebutkan hingga berulang kali dalam surat ini. An Nas artinya adalah manusia, dan surat An Nas termasuk dalam golongan surat makkiyah.

Disebut demikian karena surat ini diturunkan pada saat Nabi Muhammad SAW belum hijrah ke Madinah, artinya beliau masih berada di Makkah. Surat An Nas itu sendiri isinya adalah menganjurkan setiap manusia untuk memohon pertolongan serta perlindungan kepada Allah SWT.

Pasalnya, setan bisa menghasut kapan saja agar manusia melakukan perbuatan yang dilarang oleh Allah SWT. Surat An Nas yang jika digabungkan dengan surat Al Falaq biasa disebut dengan al muawwidzatain. Apakah itu?

Al muawwidzatain ialah dua surat yang menuntun para pembacanya untuk menuju ke tempat berlindung. Surat Al Falaq sendiri disebut dengan al mu’awwidzah al ‘ula sementara surat An Nas disebut dengan al mu’awwidzah ats tsaaniyah.

Teks Arab Surat An Nas dan Terjemahannya

Teks Arab dan Latin An Nas beserta Terjemahannya
Teks Arab dan Latin An Nas beserta Terjemahannya

Surat Al Falaq dan surat An Nas ini diketahui turun secara bersamaan, namun didahului oleh surat Al Falaq baru setelah itu surat An Nas. Surat An Nas ini sangat mudah dihafal karena sangat pendek, dan teks serta terjemahannya ialah sebagai berikut:

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

قُلْ اَعُوْذُ بِرَبِّ النَّاسِۙ – ١

(1) Katakanlah, “Aku berlindung kepada Tuhannya manusia,

مَلِكِ النَّاسِۙ – ٢

(2) Raja manusia,

اِلٰهِ النَّاسِۙ – ٣

(3) Sembahan manusia,

مِنْ شَرِّ الْوَسْوَاسِ ەۙ الْخَنَّاسِۖ – ٤

(4) Dari kejahatan (bisikan) setan yang bersembunyi,

الَّذِيْ يُوَسْوِسُ فِيْ صُدُوْرِ النَّاسِۙ – ٥

(5) Yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia,

مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ ࣖ – ٦

(6) Dari (golongan) jin dan manusia.”

Keutamaan Surat An Nas

Manfaat Membaca Surah An Nas dari Ayat Pertama sampai Akhir
Manfaat Membaca Surah An Nas dari Ayat Pertama sampai Akhir

Surat An Nas memang terbilang pendek, akan tetapi keutamaannya sungguh luar biasa dan tidak sederhana. Beberapa dari keutamaan surat An Nas ini ialah sebagai berikut.

1. Al Muawwidzatain

Surat An Nas merupakan salah satu surat yang terbaik yang bisa dibaca untuk tujuan perlindungan diri. Oleh sebab itu, surat ini disebut dengan al muawwidzatain. Al muawwidzatain ini sendiri artinya adalah dua surat perlindungan. Kemudian, selain surat An Nas, surat Al Falaq juga termasuk dalam Al muawwidzatain.

Sesuai dengan arti Al muawwidzatain tersebut, maka orang-orang yang membacanya akan dilindungi oleh Allah SWT dari keburukan dan kejahatan makhluk.

2. Sebagai Pelindung dari ‘Ain

‘Ain itu adalah sebutan untuk penyakit yang muncul dari pandangan mata yang bisa merusak bahkan bisa juga membinasakan. Terdapat kepercayaan di Arab bahwasanya ada orang-orang tertentu yang matanya mampu melakukan hal tersebut (merusak dan membinasakan).

Bahkan, Nabi Muhammad SAW pernah mengalami sendiri. Karenanya, Allah SWT lalu menurunkan surat Al Falaq sekaligus surat An Nas (al muawwidzatain) tadi untuk menangkal penyakit tersebut.

3. Sebagai Pelindung Dari Sihir

Sudah sejak lama manusia ada yang berniat jahat serta menggunakan sihir untuk mencelakai manusia yang lainnya. Bahkan di masa Nabi Muhammad SAW sendiri, beliau juga menjadi sasaran dari sihir jahat tersebut sehingga beliau sakit.

Diketahui beliau telah disihir oleh seorang penyihir Yahudi yang bernama Lubaid bin A’sham. Penyihir satu ini menyihir Nabi Muhammad SAW menggunakan media pelepah kurma. Di dalam pelepah kurma tersebut terdapat rambut Nabi Muhammad SAW.

Selain itu, terdapat juga beberapa gigi dari sisir yang beliau gunakan, serta benang dengan 11 ikatan (simpul) yang ditusuk jarum. Setelah itu, Allah SWT menurunkan surat Al Falaq sekaligus surat An Nas.

Pada saat Nabi Muhammad SAW membaca kedua surat tersebut, seluruh ikatan menjadi terlepas dan beliau pun sehat kembali. Karenanya, untuk menghindarkan diri dari maksud jahat (bahkan sihir), kita bisa membaca surat Al Falaq serta surat An Nas.

4. Merupakan Surat yang Tidak Ada Bandingannya

Kembali dalam hal ini yang dimaksud ialah surat An Nas, namun juga surat Al Falaq. Sedangkan yang dimaksud dengan ungkapan yang tidak ada bandingannya ialah kedua surat ini tidak ada bandingannya jika sebagai permohonan perlindungan kepada Allah SWT.

Adapun perlindungan yang dimaksud, ini meliputi ‘ain sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya, hasad, sihir, kejahatan di malam hari termasuk rasa waswas yang berasal dari setan.

5. Sebagai Obat serta Penjagaan saat Tidur

Manfaat & Pengertian Surat An Nas Secara Singkat
Manfaat & Pengertian Surat An Nas Secara Singkat

Diriwayatkan dari Imam Bukhori dan Imam Muslim, dari Aisyah radhiyallahu ‘anha berkata, bahwasannya Rasulullah shallallahu‘alaihi wasallam sebelum tidur, beliau meniup kedua telapak tangannya, kemudian membaca surah mu’awwidzaat, lalu mengusapkan kedua telapak tangan pada tubuhnya.

Surah Al mu’awwidzaat sendiri merupakan surat An Nas, Al Falaq, dan Al Ikhlas.

Dalam riwayat lain, disebutkan bahwa Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam sebelum beranjak ke tempat tidurnya, beliau menggabungkan kedua telapak tangan, lalu meniupnya, kemudian membacakan, “Qul huwallahu ahad, Qul a’udzu birobbil falaq, Qul a’udzu birobbin naas.” Selanjutnya, beliau mengusapkan kedua telapak tangannya ke seluruh tubuh, mulai dari kepala, wajah, hingga bagian depan pada tubuhnya. Beliau melakukan (mengusap) itu tiga kali.

Setan serta jin juga bisa mempengaruhi manusia yang tengah tidur. Untuk itu, sebaiknya setiap muslim membentengi dirinya sendiri dengan melantunkan doa sebelum tidur. Selain itu, baca juga surat Al Ikhlas, surat Al Falaq serta surat An Nas sebanyak 3 kali.

Setelahnya, bisa usapkan kedua tangan pada bagian tubuh yang bisa terjangkau sebagainya kebiasaan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW saat beliau hendak tidur.

Akan tetapi, walaupun surat An Nas bersama dengan surat Al Falaq disebutkan mempunyai sejumlah keutamaan, perlu diingat juga bahwa segala sesuatu itu akan terjadi hanya dengan izin Allah SWT. Jadi, jangan sampai pengetahuan ini malah menyalahi aqidah.

Sangat berbahaya bila ternyata yang diyakini adalah kekuatan surat-surat yang dimaksud, bukannya kekuatan Allah SWT.

Referensi:

  1. Kitab Bahjah An-Nazhirin Syarh Riyadh Ash-Shalihin. Cetakan pertama, Tahun 1430 H. Syaikh Salim bin ‘Ied Al-Hilali. Penerbit Dar Ibnul Jauzi.
  2. Kitab Kunuz Riyadh Ash-Shalihin. Cetakan pertama, Tahun 1430 H. Prof. Dr. Hamad bin Nashir bin ‘Abdurrahman Al-‘Ammar. Penerbit Dar Kunuz Isbiliyya.

Demikian bahasan Ayat Quran mengenai pengertian surat An Nas sekaligus dengan teks arab dan keutamaan dari ayat pertama hingga terakhir. Dengan sering membaca dan mengamalkan surat ini, mudah mudahan kita semua terjaga dari keburukan, dari rasa was was, serta dijauhkan dari sihir dan ‘Ain. Aamiin. Wallahu A’lam Bissowab.

About the Author

Hanan Afifi

Alumni pondok pesantren modern di Kabupaten Semarang dan salah satu penulis di Ayat-Quran.com.

View All Articles